Menabung untuk Traveling ke Luar Negeri dan Perencanaannya

Banyak orang memimpikan liburan ke luar negeri, baik solo traveling maupun vakansi bersama orang tersayang. Saat traveling ke luar negeri Anda akan mendapatkan pengalaman yang seru, seperti mengunjungi tempat-tempat yang menarik, mencicipi kuliner khasnya, hingga mengenal budaya di negara yang didatangi.

traveling ke luar negeri
ruangmenyala.com

Setiap orang pastinya punya negara berbeda-beda yang ingin didatangi. Lantaran perjalanannya cukup panjang dan berada di tempat asing, rencana untuk liburan ke luar negeri pun harus disiapkan dengan matang.

Salah satu hal penting yang harus dipikirkan adalah keuangan atau dana untuk liburan. Sebaiknya Anda menabung sejak jauh-jauh hari untuk mengumpulkan modal buat traveling ke luar negeri.

Supaya kegiatan menabung untuk liburan ke luar negeri bisa mudah dilakukan dan cepat terkumpul, sebaiknya membuat rekening khusus. Apalagi saat ini syarat buka rekening cukup sederhana dan nggak ribet. Anda bisa menggunakan rekening tersebut sebagai tempat menyimpan dana yang dibutuhkan untuk traveling ke luar negeri.

Tips Menabung untuk Traveling ke Luar Negeri

tips traveling ke luar negeri
shutterstock.com

Apabila Anda sudah berencana liburan ke keluar negeri bersama keluarga ataupun solo traveling, sebaiknya mengumpulkan dana sejak sekarang atau dari jauh-jauh hari. Banyak orang berpikiran bahwa menabung untuk liburan ke keluar negeri cukup sulit dilakukan dan butuh uang banyak.

Padahal target mengumpulkan dana untuk kebutuhan liburan bisa dilakukan dengan mudah, asalkan konsisten menabung dan mengelola keuangan secara bijak. Berikut ini tips menabung untuk traveling ke luar negeri yang bisa diterapkan.

1. Tentukan Destinasi Wisata

Langkah awal yang perlu dilakukan saat berencana liburan ke luar negeri adalah memilih destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Pastikan negara tujuan tersebut sesuai dengan preferensi dan durasi waktu liburan diinginkan.

Jika anggaran terbatas dan waktu liburan singkat, pertimbangkan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, atau negara sekitarnya. Transportasi ke negara-negara dekat lebih terjangkau dan perjalanan tidak memakan waktu lama.

Namun jika memiliki waktu liburan yang lebih panjang dan dapat mengumpulkan lebih banyak dana, dapat mempertimbangkan liburan ke Eropa, Amerika, atau Afrika. Negara-negara tersebut konon memberi pengalaman yang jauh lebih baik.

2. Riset Tempat Wisata

Setelah memilih destinasi wisata, selanjutnya perlu riset negara tujuan maupun tempat wisata yang ingin didatangi. Anda bisa dengan mudah mencari tahu informasi mengenai negara yang ingin dikunjungi dan tempat wisata yang ada di sana melalui internet.

Cari tahu juga info lebih detail mengenai biaya perjalanan, akomodasi saat di sana, harga penginapan, sistem pembayaran, dan lainnya. Selain itu, juga perlu mempertimbangkan jarak antara satu tempat wisata dengan yang lainnya.

Anda juga harus memikirkan lokasi penginapan yang strategis dengan tempat-tempat yang akan dikunjungi selama liburan di luar negeri. Supaya pengeluaran selama liburan bisa lebih hemat, Anda bisa memanfaatkan tawaran promo dari tempat wisata, hotel, layanan perjalanan dan lainnya.

3. Perhitungan Perkiraan Biaya Liburan

Masih menyambung dengan tips sebelumnya, Anda juga harus memperhitungkan perkiraan biaya liburan. Beberapa hal yang perlu diperhitungkan untuk menyiapkan budget liburan, yaitu transportasi, penginapan, tiket masuk tempat wisata, makanan, dan pengeluaran lainnya seperti membeli cendera mata atau oleh-oleh.

Dengan memperhitungkan sejumlah komponen kebutuhan biaya tersebut, Anda dapat mengetahui target tabungan yang harus dikumpulkan hingga tanggal keberangkatan. Jangan malas untuk mencari informasi tawaran promo atau diskon yang berkaitan dengan keperluan perjalanan ke luar negeri.

Tidak jarang ada penawaran menarik apabila memesan tiket pesawat, akomodasi hotel, dan tiket lainnya jauh-jauh hari. Metode ini telah banyak yang membuktikan dan terbukti efektif.

4.Sisihkan 10% dari Penghasilan

Banyak orang merasa bingung mengenai berapa jumlah uang yang seharusnya ditabung untuk menyiapkan dana liburan ke luar negeri. Besaran uang yang perlu disisihkan dapat disesuaikan dengan tujuan finansial dan kemampuan keuangan pribadi.

Salah satu cara paling mudah adalah dengan mengalokasikan setidaknya 10% dari pendapatan untuk ditabung. Misalnya apabila gaji bulanan adalah Rp5 juta, maka 10% dari pendapatan tersebut yaitu Rp500 ribu yang dimasukkan ke tabungan.

Jika merasa jumlah ini masih kurang, maka bisa meningkatkan porsi alokasinya sesuai kemampuan. Namun jangan lupa tetap menyimpan uang untuk dana darurat di samping menabung untuk liburan ke luar negeri.

5. Sesuaikan Jangka Waktu Menabung

Setelah memperhitungkan perkiraan anggaran dan alokasi tabungan per bulan untuk mengumpulkan dana liburan, selanjutnya harus menentukan jangka waktu menabung. Anda bisa menyesuaikan besaran tabungan bulanan dengan jangka waktu kapan ingin berangkat ke luar negeri.

Anda bisa menabung dengan target jangka panjang, maupun jangka pendek apabila keuangan memungkinkan. Dengan menentukan jangka waktu menabung, maka akan lebih fokus dalam mengumpulkan target dana hingga hari keberangkatan.

Cara ini juga membantu memastikan bahwa uang yang diperlukan akan terkumpul tepat waktu. Misalnya jika alokasi tabungan bulanan 10% dan target uang yang ingin dikumpulkan sebesar Rp12 juta, maka membutuhkan waktu menabung sekitar 12 bulan.

Anda juga bisa mempercepat terkumpulnya tabungan dengan cara menambah pendapatan, sehingga bisa menyisihkan uang lebih banyak.

6. Lakukan Investasi

Tips lainnya yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kegiatan menabung adalah dengan berinvestasi. Anda bisa berinvestasi dalam jangka pendek maupun jangka panjang untuk mencari dana buat tambahan tabungan.

Dengan cara ini, Anda bisa mengumpulkan dana untuk liburan ke luar negeri dengan lebih cepat. Ada berbagai macam instrumen investasi yang bisa dipilih.

Salah satu pilihan investasi yang aman untuk jangka pendek maupun jangka panjang adalah Reksadana. Instrumen ini menawarkan keuntungan yang kompetitif dengan risiko yang lebih rendah dibanding instrumen investasi lainnya.

Pastikan berinvestasi di instrumen yang sesuai dengan profil risiko dan kemampuan keuangan yang ada. Jangan pernah memaksakan sesuatu dan bila pada akhirnya akan menimbulkan kerugian.

Menggunakan Rekening Online untuk Menabung

Setelah membaca tips di atas, pastinya Anda semakin bersemangat menabung mengumpulkan dana untuk liburan ke luar negeri. Persiapan keuangan menjadi salah satu hal yang paling penting saat ingin traveling ke luar negeri baik sendiri maupun bersama keluarga.

Untuk memudahkan kegiatan menabung, sebaiknya buka rekening online khusus buat menyimpan tabungan liburan. Dengan adanya rekening online, Anda bisa mengontrol dan memantau keuangan secara lebih mudah bersama pasangan.

Salah satu rekening online yang bisa Anda pilih adalah PermataME yang disediakan oleh PermataBank. Pembukaan rekening bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Syarat buka rekening ini juga cukup sederhana dan nggak ribet.

Informasi lebih lengkap mengenai syarat buka rekening online PermataMe dan pendaftarannya bisa Anda baca di sini.

Posting Komentar untuk "Menabung untuk Traveling ke Luar Negeri dan Perencanaannya"